21 Apr 2012 | By: Indahnya Islam

Istikharah (Mohon dipilihkan Allah)




Dalam hidup kita seringkali menginginkan sesuatu yang sukar untuk diperoleh. Kita telah mengusahakannya habis-habisan, namun belum juga mendapatkannya.Kita juga sering berhadapan dengan pilihan-pilihan sulit yang harus segera kita selesaikan. Tidak jarang kita menjadi bingung dan stress karena khawatir salah melakukan pilihan. Untuk itu, jalan yang terbaik adalah meminta khusus kepada Allah dengan berdo'a. Ini dilakukan dengan shalat Istikharah dua rakaat kemudian berdo'a.

       Dari jabir Radiyallahu anhu, Rasulullah telah mengajarkan kepada kami Istikharah dalam segala urusan sebagaimana beliau mengajarkan sesuatu surat dari Al- Qur'an. Nabi bersabda "Apabila salah seorang di antara kamu akan mengerjakan sesuatu,hendaklah ia shalat (sunnat) dua rakaat, kemudian berdo'a .........yang artinya :
"Ya Allah, aku minta pilihan-Mu menurut pengatahuan-Mu dan aku memohon dengan karunia-Mu yang besar, sesungguhnya Engkau yang kuasa dan aku tidak kuasa, dan Engkau Ya Allah mengetahui bahwa urusan ini (...), baik bagiku didalam agamaku dan penghidupanku serta akibatnya, baik yang segera maupun yang akhir, maka takdirkanlah dan mudahkanlah untukku kemudian berkatilah aku didalamnya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini  (...) ini  membahayakan bagiku didalam agamaku dan penghidupanku serta akibatnya baik yang segera maupun yang diakhir, maka hindarkanlah dia daripadaku, dan jauhkanlah diriku daripadanya. Dan tentukanlah yang baik untukku, bagaimanapun adanya. Kemudian puaskanlah hariku dengan kebaikan itu." (HR.Bukhari)

0 comments:

Posting Komentar